Halaman

Sabtu, 10 November 2012

Pengertian Pointer C++ dan Contoh Pointer C++


Pointer adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari sebuah variabel lain. Dengan kata lain ketika variabel pointer diakses, maka akses akan diarahkan ke alamat lain yang merupakan lokasi sebenarnya dari sebuah vriabel. Suatu pointer dimaksudkan untuk menunjukkan ke suatu alamat memori sehingga alamat dari suatu variabel dapat diketahui dengan mudah. Karena kemampuannya tersebut, pointer biasa disebut sebagai variabel penunjuk.
Terdapat 2 macam pointer :
1. Operator deference (&)
2. Operator reference (*)

Operator Deference (&)
Operator deference juga biasa disebut dengan "address of". Untuk mendeklarasikan sebuah pointer Operasi Deference, kita menggunakan identifier berupa simbol "&" yang dituliskan di depan nama variabel. Penulisan tersebut akan menghasilkan alamat memori dari variabel yang didahului tanda "&" tersebut.
Perhatikan contoh di bawah ini :


Operator Reference (*)
Operator reference juga disebut dengan "value pointed of". Dengan menggunakan operator ini kita dapal mengakses secara langsung nilai dari sebuah variabel berpointer. Operasi ini dideklarasikan dengan menuliskan tanda asterik "*" di depan variabel agar dapat langsung mengambil nilai yang tersimpan pada alamat variebl berpointer tersebut.
Perhatikan contoh berikut :



Deklarasi pointer pada variabel 
Penggunaan umum dari sebuah pointer adalah pada sebuah variabel. Secara umum, sebuah variebel digunakan untuk menyimpan alamat dari variebel yang lain, dimana dengan mengakses variebel tersebut kita bisa langsung merujuk pada variebel lain yang ditunjukkan oleh pointer tersebut. Penunjukkan ponter bisa menggunakan operator "address of" atau pun menggunakan operator "value pointed of".
Penulisan sintaks pointer pada variabel adalah sebagai berikut :




Perhatikan contoh program di bawah ini :



Dan hasil eksekusi programnya adalah :



Sumber :
amikom


8 komentar: