Halaman

Senin, 03 September 2012

Blue Moon August 2012 | Bulan Biru Agustus 2012


 Night sky watcher Tomsajinsa sent in this photo of the blue moon taken in NYC, August 31, 2012.

Blue Moon (Bulan Biru), sebuah fenomena langka yang mempersembahkan pesona langit malam. Apa sebenarnya yang disebut Blue Moon atau Bulan Biru itu? Apakah bulan benar-benar akan berwarna biru? Ataukah hanya mitos saja? Tentu semua orang banyak yang mempertanyakannya, bukan hanya di negara ini bahkan di seluruh dunia.

Blue Moon, tahun ini terjadi pada tanggal 31 Agustus 2012 malam. Kejadian ini merupakan kejadian alam yang terjadi sekitar 2,7 tahun sekali. Jadi, setelah tahun ini kita mungkin bisa melihat fenomena alam yang indah ini pada tahun 2015.

Karena kelangkaan dan keindahan Blue Moon ini, sejumlah fotografer pun mengabadikan fenomena Blue Moon ini. Mengutip Space.com, blue moon tahun ini dijadikan sebagai penghormatan terakhir untuk Neil Armstrong, astronot asal Amerika Serikat yang baru saja meninggal dunia pekan lalu. Beberapa fotografer mengatakan bahwa bulan biru ini adalah penghormatan terakhir untuk Neil Armstrong.

"From Michigan, we are thinking of you, Neil," wrote Dennis Daniels, who photographed the full disk of the moon Friday night.

"Thinking of you, Neil," wrote Dennis Daniels, who took this blue moon photo to honor the late Neil Armstrong, who died Aug. 25, 2012 a week before this photo was taken.


"I couldn't help but think, 'Here's to you, Neil — the kinda guy who only comes around 'once in a blue moon", Stockinger said.

Night sky watcher David Stockinger took this photo of the August 2012 blue moon in Minot, SD, on August 30, 2012

'Bulan biru' ini akan dieksplorasi dengan Slooh Space Camera. "Blue Moon dan Slooh yang akan melakukan eksplorasi memang langka. Namun tidak selangka seperti keberanian dan talenta mendiang Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjakkan kaki di tetangga terdekatnya," kata Bob Berman, astronom yang juga editor Slooh, dikutip dari Space.com.

Terakhir kali, blue moon muncul pada Maret 2010, atau tepat 30 bulan lalu. Adapun warna biru yang tampak pada bulan disebabkan debu di atmosfer yang menyebabkan efek warna biru dalam pandangan manusia ke bulan. Bahkan setelah Krakatau meletus pada 1883, sisa debunya disebut menyebabkan warna bulan terlihat biru selama dua tahun.

Sedangkan perhitungan dan definisi blue moon sendiri tidak mengacu pada warna yang dihasilkan, melainkan mengacu pada dua purnama penuh dalam satu bulan di kalender Masehi. Atau ada juga yang menghitung berdasarkan purnama ketiga dari empat purnama yang berlangsung di satu musim.

Definisi 'bulan biru' sendiri di bidang astronomi pertama kali muncul di 1946. Saat itu pengamat astronomi James Pruett membaca sebuah frase di Maine Farmers' Almanac. Bulan itu didefinisi sebagai purnama ketiga di suatu musim dari empat purnama yang ada. Pruett salah menginterpretasi itu sebagai dua purnama di satu bulan.

Sungguh indah fenomena langit malam bulan ini, dan mari ucapkan sampai jumpa di tahun 2015 pada Blue Moon.



Sumber :
space.com "Blue Moon Wows Observers Around the World (Photos)"

space.com" 'Blue Moon' of 2012: See the First Photos "

Viva News "Blue Moon Akan Muncul Malam Ini"

Viva News" FOTO: Keindahan Blue Moon dari Penjuru Dunia "



Tidak ada komentar:

Posting Komentar