Halaman

Senin, 02 April 2012

Formula 1 - Jack Brabham


Jack Brabham, nama yang mungkin masih agak asing di telinga para pembaca, sekalipun ia adalah pecinta dunia olah raga balap F1. Nama Jack Brabham ini identik dengan Grand Prix motor racing hingga saat ini, Sir Jack Brabham, pengemudi pertama dalam sejarah yang  telah mengabdikan dirinya untuk motorsport. Dia akan selalu menjadi salah satu pribadi dunia balap yang paling populer.



Sir John Arthur "Jack" Brabham, OBE ( lahir di Sydney, Australia, 2 April 1926 ) adalah seorang mantan pembalap mobil professional dan legenda hidup otomotif asal Australia. Ia juga merupakan mantan juara dunia F1 era 1960-an. Ia menjadi juara dunia F1 sebanyak tiga kali, yaitu di musim 1959, 1960, dan 1966.

Dengan mengantungi start sebanyak 126 kali, Jack berhasil memenangi balapan sebanyak 14 kali, dan 12 kali fastest lap. Total poin yang berhasil ia raih adalah 261 pts.

Dia adalah satu-satunya pembalap Formula 1 yang telah memenangkan tiga gelar juara dunia di dalam mobil desainnya sendiri - BT19 - yang ia gunakan melaju untuk meraih kemenangan pada tahun 1966. Tahun berikutnya tim Brabham memenangkan kejuaraan dunia kedua berturut-turut ketika pembalap Selandia Baru Denny Hulme melaju dengan BT20 untuk meraih kemenangan.

Brabham sukses mengelola tim balapnya, sampai akhirnya kemudian di jual ke Bernie Ecclestone di awal 1970-an. Di tangan Mr. E, tim Brabham berhasil menjadi juara dunia konstruktor sebanyak dua kali, dan berhasil mengantarkan Nelson Piquet Senior menjadi juara dunia pembalap pada tahun 1983.

Sir Jack mencetak skor final Grand Prixn nya dengan kemenangan di Afrika Selatan pada tahun 1970, sebelum memutuskan mengakhiri karir balapnya di usia 44 tahun. Sir Jack tidak pernah kehilangan kontak dengan dunia balap motor dan masih bersaing di sektor yang berbeda. Ketiga anaknya Geoff, Gary dan David semua telah membuktikan diri dalam karir balap profesional mereka sendiri.




Sumber :
Dennys David & Family "Jack Brabham"
Sir Jack Brabham "Biography"
wikipedia "Jack Brabham"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar