Halaman

Kamis, 15 Maret 2012

Sistem Operasi




Sistem operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi digunakan untuk mengeksekusi program user dan memudahkan menyelesaikan  permasalahan user.  Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan. Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.

Sistem operasi merupakan elemen utama dalam sistem komputer dan merupakan perangkat lunak sistem paling penting. Tanpa sistem operasi, user tidak dapat mengoperasikan program aplikasi, kecuali aplikasi boot diri.

Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web. Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Kini bisa dijumpai berbagai macam atau jenis dari Sistem Operasi. Karena, setiap elektronik yang berelemen komputer atau mikrokomputer pasti memiliki sistem operai, antara lain pada Ponsel, Game konsole dan komputer PC maupun Notebook. Beberapa Sistem Operasi adalah  Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar